UMSIDA Sukseskan Konsep Desa Wisata Melalui KKN Pencerahan 2022

SIDOARJO – Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) memberangkatkan 1.392 mahasiswa untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pencerahan 2022.

Dalam KKN Pencerahan 2022 mengusung konsep “Membangun Desa Sapta Pesona Berdaya Saing Berbasis Potensi Lokal, Teknologi dan Green Ekonomi” yang akan dibagi 78 Desa di Kabupaten Sidoarjo.

“KKN Tahun ini kita ingin mengangkat potensi wisata desa untuk meningkatkan perekonomian pasca Pandemi,” Kata Rektor Umsida, Dr Hidayatullah saat ditemui usai pemberangkatan KKN Pencerahan 2022, Jumat (28/1/2022).

Sapta Pesona ini merupakan bagian dukungan perguruan tinggi terhadap pemerintah seperti yang canangkan di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Dalam masa KKN yang direncanakan berlangsung 1,5 bulan itu merupakan bagian awal dalam menggalih dan mengembangkan desa wisata.

Selanjutnya Universitas Muhammadiyah Sidoarjo tetap akan dilakukan pendampingan yang berkelanjutan.

“Ini bukan hanya sekedar ingin memberikan pengalaman bagi mahasiswa, tapi ini bagian dari Ikhtiar Umsida dalam memberikan warna dan dampak positif di masyarakat,” ucap Dr. Hidayatullah

Dalam mensukseskan program KKN Pencerahan dengan Sapta Pesona, ribuan mahasiswa sebelumnya juga dilakukan workshop khusus untuk mencapai target tersebut.

“Kami juga disini memiliki program Abdimas dari masing-masing dosen yang memiliki daerah dampingan. Desa yang ditempatkan KKN ini juga bagian dari dampingan Umsida,” pungkasnya