Umsida Jamin Mahasiswanya Lebih Berkompeten Melalui Lembaga Sertifikasi Profesi

SIDOARJO – Bekerjasama dengan Kadin Jawa Timur, Langkah ini diperuntukan untuk mendorong Mahasiswa lulusan Universitas Muhammadyah Sidoarjo (Umsida) lebih terjamin kompetensi atas profesinya untuk segera mendapatkan pekerjaan. Nantinya Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) ini, diharapkan dapat memaksimalkan hasil magang yang telah tempuh oleh para Mahasiswa.

Seperti disampaikan oleh Rektor Umsida Dr. Hidayatulloh, M.Si setelah sambutannya dalam acara Launching dan penyerahan izin serta pendirian LSP dari BNSP, Senin (17/1) di Aula Mas Mansyur Umsida. “Umsida telah mendapatkan izin pendirian LSP dari BNSP. Sehingga seluruh mahasiswa Umsida bisa mengikuti sertifikasi profesi di sini. Kelak setelah lulus, diharapkan sertifikat profesi ini bisa membantu mereka agar lekas mendapat pekerjaan,” Jelasnya.

Kerjasama antara Umsida dan Kadin Jawa Timur yang telah terjalin sejak lama, diharapkan nantinya bisa mengakomodir kegiatan magang mahasiswa di industri. sebab, Kadin Jatim memiliki jaringan luas di bidang industri, terutama di Jawa Timur.

Ini juga sejalan dengan semangat Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Dimana mahasiswa didorong untuk mendapatkan kompetensi di luar kampus. Salah satunya melalui kegiatan magang di industri. Usai mendapat kompetensi, mereka bisa mengikuti sertifikasi profesi di LSP,” imbuhnya.

Dr. Hidayatulloh menambahkan saat ini program LSP hanya bisa diikuti oleh Mahasiswa aktif, akan tetapi pihaknya juga berencana membuka program ini untuk umum sehingga Masyarakat termasuk alumni dapat mengikutinya.

Penyerahan SK LSP sendiri dilaksanakan oleh Koordinator Bidang Pengembangan SDM BNSP, Muhammad Zubair secara langsung kepada Rektor Umsida. Dalam acara launching LSP sekaligus seminar nasional yang diikuti ratusan mahasiswa Umsida via daring tersebut, juga hadir Ketua Kadin Jawa Timur, Adik Dwi Putranto, SH., Praktisi PT ECCO Indonesia, Dwi Yoga, Kepala LSP Umsida, Wiwik Sulistyowati, M.T. , serta jajaran dosen Umsida lainnya.

Sementara itu dalam sambutannya Ketua Kadin Jawa Timur, Adik Dwi Putranto menegaskan bahwa Kadin, akan menyiapkan industri sebagai tempat magang para mahasiswa. Selain itu juga ada Sertifikasi Pelatihan dan Uji Kompetensi Teknis bagi para dosen. Kadin juga gencar mengadakan Pelatihan Pelatih Tempat Kerja., dengan menggandeng lembaga dari Jerman untuk pelatihan ini.

“Kami berharap dari sini (Umsida) ada yang ikut dalam pelatihan tersebut. Sehingga ke depan ada banyak pelatih tempat kerja di dalam negeri sendiri,” ujarnya.