Umsida Dampingi Pelaku UMKM Wall Panel Dalam Tingkatkan Jejaring Bisnis

SIDOARJO – Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) dampingi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam meningkatkan kinerja penjualan serta penambahan jejaring bisnis pada pelaku usaha di Sidoarjo.

Kegiatan yang digelar di Perumahan Wahyu Taman Sarirogo, Kecamatan Sidoarjo tersebut diberikan guna menambah pengetahuan dan keterampilan tentang pemasaran online maupun offline pada pelaku UMKM.

Ketua tim pengabdian masyarakat (abdimas) Umsida pada program kali ini, Wiwit Hariyanto memaparkan jika program pendampingan tersebut menjadi satu hal yang ingin dioptimalkan betul kepada pelaku UMKM yang ada di Sidoarjo.

“Melalui program ini kami ingin memberikan pengetahuan dan ketrampilan tentang penentuan harga pokok produksi, harga pokok penjualan, dan harga jual serta tentanga pemasaran offline dan online untuk pelaku UMKM Wall Panel,” ujar Wiwit

Lebih lanjut, Wiwit yang juga dosen Program Studi Akuntansi Umsida itu mengatakan jika kegiatan yang dilakukan secara berkala ini merupakan kegiatan pelatihan dan pendampingan akuntansi, pemasaran dan strategi bisnis.

“Pelaksanaan kedepan adalah pendampingan perhitungan harga jual, pemasaran berbasis media online dan marketplace serta membuka jejaring bisnis dengan KADIN Sidoarjo dan Dinas UMKM dan Koperasi Sidoarjo,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, anggota tim Abdimas yang lain Santi Rahma Dewi mengungkapkan bahwa pihaknya berharap dengan adanya kegiatan ini, para pelaku UMKM Wall Panel mampu melaakukan pemasaran secara efektif baik dalam pasar offline maupun online.

“Kita berharap setelah mendapat pelatihan dan pendampingan ini, UMKM akan secara mandiri mampu menentukan harga jual produk, dan memiliki jejaring bisnis yang luas yang pada akhirnya akan mampu untuk meningkatkan kinerja bisnis UMKM tersebut,” pungkasnya.