Umsida Buka Fakultas Kedokteran Umum Pertama di Sidoarjo

SIDOARJO – Dibutuhkan untuk wilayah Sidoarjo dan sekitarnya. Peluang tersebut dimanfaatkan oleh Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), yakni dengan membuka Fakultas Kedokteran, yang diawali dengan kedokteran umum.

Pembukaan fakultas kedokteran tersebut juga mendapatkan dukungan dari pemerintah pusat, melalui Menteri Koordinator Perekonomian Bidang Perekonomian Dr (HC) Ir Erlangga Hartanto MBA MMT saat memberikan materi kuliah umum, yang mengambil tema ‘Entrepreneur Muda Dalam Mempercepat Pemulihan Ekonomi’.

Pihaknya sangat mengapresiasi Umsida yang bakal membuka fakultas kedokteran, dan patut didukung oleh pemerintah. Pihak juga akan membantu dengan mencarikan rujukan rumah sakit yang jelas, tentunya sangat dibutuhkan dalam hal kualitas SDM. “Apalagi dalam kondisi pandemi covid tenaga yang sangat dibutuhkan adalah tenaga kedokteran,” jelas Hartanto.

Sementara itu, Rektor Umsida Dr Hidatulloh MSi menjelaskan kalau pihaknya juga sudah melakukan persiapan-persiapan, tentunya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Secara garis besar ada tiga, yakni pertama persiapan bidang akademiknya, yang harus menyusun kurikulum FK. Yang kedua persiapan menyusun SDM, ada sekitar 26 doktor spesialis yang kita butuhkan. “Makanya kita juga sangat butuh waktu untuk mencari dan menyeleksinya. Karena butuh dukungan SDM yang sangat luar biasa,” jelas Hidayatulloh, pada (14/1) siang.

Menurutnya , untuk yang ketiganya adalah mempersiapkan sarana dan prasarana, diantaranya ruang kuliah, ruang Lab dan lainnya. Jadi dari ketiga persiapan tersebut membutuhkan supporting yang sangat besar. “Kalau ketiganya berjalan dengan baik, kita sangat optimis tidak lama lagi Umsida bakal punya fakultas kedokteran, di Kampus III yang sudah mulai dibangun gedung baru. Kita akan awali dengan kedokteran umum terlebih dahulu,” terang Hidayatulloh.