SMAMITA Targetkan 80 Persen Siswanya Masuk PTN

SIDOARJO – Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022, baru dilaksanakan pada 23 Maret 2022 mendatang, namun sebagaian besar sekolah sudah melakukan berbagai persiapan.

Seperti Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah Satu (SMAMITA) Taman Sidoarjo, sudah membuat berbagai persiapan untuk mentargetkan siswa-siswinya 80 persen masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit.

Wakasek kurikulum Smamita, Irma Rusdiana mengatakan sudah banyak hal yang dilakukan untuk mempersiapkan siswa-siswinya setelah lulus nanti dan persiapannya sudah dari jauh-jauh hari.

“Langkah persiapan dimulai dengan pemetaan awal dan dilanjutkan membentuk tim dari kurikulum maupun dari guru-guru pilihan untuk mempersiapkan agar bisa mencapai target. Target tahun ini lebih banyak dari tahun lalu sehingga persiapannya lebih lama,”ungkap Irma. Selasa (15/3/2022).

Irma menambahkan jika tim khusus mempunyai beberapa tugas yang harus dijalankan untuk mencapai target.

“Tim khusus bertugas mencermati nilai raport dan mengarahkan minat siswa sesuai jurusan agar tidak salah pilih dalam SNMPTN nanti. Selain itu tim ini juga mengukur daya tampung peluang perguruan negeri agar nilai raport yang memungkinkan bisa masuk ke jurusan tersebut dengan tracing ke setiap alumni yang terlebih dahulu berada di PTN. Sekolah juga mencari informasi detail tentang cara masuk ke perguruan tinggi negeri hingga mencari profil universitas,” tambahnya.

Mempersiapkan siswa-siswi untuk ke perguruan tinggi tidak dimulai dari kelas XII saja, tapi sudah dimulai jauh-jauh hari dari kelas X dan XI agar lebih maksimal.

“Untuk mempersiapkan siswa-siswi sudah dimulai dari kelas X dan XI. Jadi kelas XII nya tinggal mengarahkan yang benar-benar tepat dan tentunya sesuai dengan nilai dari siswa tersebut. Hal ini cukup membantu, karena tim khusus sudah bisa memetakan keinginan anak mulai dari kelas X,” ungkapnya.

Irma juga menjelaskan dalam proses SNMPTN 2022 pihak sekolah mentargetkan 60-80 persen dari jumlah peserta yang ikut seleksi dapat lolos untuk masuk ke perguruan tinggi favorit.

“Untuk masuk ke perguruan tinggi ada beberapa jalur yaitu SNMPTN yang menggunakan nilai raport, selanjutnya ada UTBK yang kita sudah mulai bimbingan ke anak-anak. Sekolah yang terakreditasi A sebanyak 40 persen yang bisa mengikuti SNMPTN, dan sisanya dipersiapkan untuk UTBK. Untuk tahun lalu targetnya 50 persen dan tahun ini tagertnya 60-80 persen bisa masuk ke perguruan tinggi negeri,”jelasnya.

Saat ini sekolah SMA Muhammadiyah Satu Taman Sidoarjo terdapat 701 siswa mulai kelas X, XI ,dan XII. Khusus untuk kelas XII sebanyak 292 siswa yang siap mengikuti SNMPTN maupun UTBK 2022.