Resmikan Boarding School, Gubernur Jatim : Ini Standar Kesiapan Kita Memasuki Komunikasi Global

  • Bagikan

SIDOARJO – Resmikan Boarding School Bilingual NU di Sidoarjo, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa sampaikan bahwa pengenalan bahasa asing dalam pembelajaran dan pendidikan merupakan bagian dari standar kesiapan memasuki komunikasi global. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Gubernur Jawa Timur saat memberi sambutan pada kegiatan peresmian Boarding School Bilingul NU di Jenggolo, Sidoarjo.

Dalam sambutannya, ia menjelaskan jika peran bahasa dalam pendidikan adalah sangat penting. selain menjadi kekuatan dalam pembelajaran, bahasa juga dapat menjadi peningkatan peran kecerdasan dalam bidang pendidikan.

“Ini menjadi sangat penting dalam mengenal bahasa untuk bisa membangun koneksitas terutama di luar negeri, ketika anak-anak disiapkan untuk bisa menguasai proses belajar mengajar, menguasai dua bahasa asing minimal. Saya rasa ini juga menjadi bagian dari standar kesiapan kita untuk masuk dalam komunikasi global,” paparnya. Kamis (6/1/2022).

Menurutnya, Boarding School untuk MTS dan MA Bilingual NU di Sidoarjo ini bukan sekedar bilingual biasa. Gubernur Khofifah mengatakan jika sebenarnya dalam Boarding School ini bisa jadi multilingual karena dianggap siswa menjalani pembelajaran dengan lebih dari dua atau tiga bahasa.

“Saya relatif mengikuti perkembangan di sini, tentu bilingual ini sebenernya trilingual karena disini dipelajari Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan juga tak lupa Bahasa Indonesia,” imbuhnya.

Gubernur perempuan pertama di Jawa Timur tersebut juga menjelaskan pendidikan di Jawa Timur saat ini telah memasuki era-era transformasi digital. Dengan adanya era tersebut menurutnya siswa didorong untuk lebih kreatif dalam mengikuti zaman.

“Hal ini ditambah dengan proses pendidikan yang telah menggunakan transformasi digital. Insyaallah kita akan terus meningkatkan Sumber Daya Manusianya dengan memberikan penguatan pada akademi achievment dan kekuatan dari spiritualitas yang dibangun secara konvergensi di sekolah ini,” imbuhnya,

Tidak hanya itu saja, ia juga berpesan kepada Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali untuk terus mengembangkan pola pendidikan yang dinilai telah kompeten dan mampu bersaing secara global.

“Mudah-mudahan ini bisa di replikasi. Jadi nanti kategori achievment ini kami bawa dan kami harap memberi roh spiritualitas seiring dengan penanaman pemahaman secara akademik. itulah yang hal yang ditanamkan di sekolah ini,” pungkasnya

  • Bagikan