Petugas Damkar Berhasil Evakuasi Monyet Liar di Situbondo

SITUBONDO – Petugas Damkar Asembagus, Situbondo, berhasil mengevakuasi seekor monyet liar yang masuk ke permukiman dan serang warga di Kampung Selatan, Desa Bantal, Kecamatan Asembagus, Situbondo.

Monyet liar tersebut masuk pemukiman warga pada Rabu siang (16/3/2022) kemarin, membuat warga panik sehingga melapor ke petugas pemadam kebakaran Kabupaten Situbondo yang disiagakan di Kecamatan Asembagus.

Beruntung tidak ada korban akibat serangan monyet liar tersebut. Warga memilih menghindar dan menutup rumahnya agar monyet tersebut tidak menggigit. Bahkan beberapa warga sekitar berupaya melakukan penangkapan, namun gagal.

“Monyet jantan itu siang kemarin, tiba tiba datang disekitar rumah ini dan mengejar kepada setiap warga yang kebetulan berpapasan dengan monyet itu hingga pagi tadi. Karena upaya penangkapan gagal, kemudian saya laporkan ke petugas Damkar tadi pagi pada pukul 08.50 WIB,”kata Dian (24) warga setempat, Kamis (17/3/2022) siang.

Komandan regu Damkar Asembagus, Bima Nurdianto membenarkan, setelah menerima laporan ada seekor monyet yang masuk pemukiman dan sempat menyerang warga, pihaknya langsung bergegas kelokasi.

“Berdasarkan laporan tersebut, kami bersama anggota dan dibantu anggota Satpol PP langsung bergegas menuju lokasi guna mengevakuasi monyet liar tersebut,”ucap Bima.

Saat proses evakuasi, monyet tersebut terus berpindah-pindah ketika hendak ditangkap.

“Monyetnya itu berpindah-pindah dan gesit, lari kesana kemari, naik turun pohon, Itu yang menyulitkan untuk ditangkap,” kata Bima.

Bima menyebut petugas Damkar melakukan berbagai cara untuk menangkap monyet liar tersebut. Mulai dari memancing dengan makan hingga mengerahkan 1 unit mobil Damkar.

Monyet itu kata Bima, sempat melawan petugas saat ditangkap. Namun akhirnya monyet berhasil ditangkap sekitar pukul 11.00 WIB.

“Tadi menggunakan tangga, karung dan serokan jaring. Petugas sangat berhati-hati saat mendekati monyet itu. Saat mau disergap monyet sedikit melawan dan langsung ditutup dengan karung,” tambahnya.

Monyet liar tersebut, sambung Bima, diduga dari kawasan hutan selatan pemukiman warga. Untuk sementara dibawa ke pos pemadam kebakaran di Kecamatan Asembagus.

“Diduga monyet dari hutan yang mencari makanan, karena pemukiman penduduk tersebut berdekatan dengan kawasan hutan Banyuwangi Utara,”pungkasnya.