Pemkab Sidoarjo Akan Bangun Lima Jembatan Baru

SIDOARJO – Tahun 2022 Pemkab Sidoarjo bakal membangun sebanyak lima jembatan baru dengan biaya Rp 8 miliar

’’Tahun 2022 ini ada lima jembatan yang dibangun. Empat jembatan sedang dilelang dan menunggu hasil penawaran, sedangkan satu jembatan sedang revisi akhir berkas dan rencananya akhir April dilelang,’’ jelas Plt Kepala Dinas PUBMSDA Sidoarjo Dwi Eko Saptono. Senin (18/4/2022).

Kelima jembatan tersebut adalah jembatan Durungbanjar Kecamatan Candi, jembatan di Jalan Raya Tropodo perbatasan Desa Pabean Kecamatan Sedati, jembatan Dusun Sidomukti, Desa Kraton Krian, jembatan Banjar Kemantren Kecamatan Buduran, dan jembatan Balongbendo. ’’Hanya jembatan Balongbendo yang belum masuk lelang,’’ jelasnya.

Plt Kabid Jalan dan Jembatan DPUBMSDA Sidoarjo Rizal Asnan mengatakan, lima titik tersebut dipilih untuk dibangun tahun ini karena kondisi konstruksi jembatan yang ada sudah terkikis. Jadi sangat membahayakan jika tidak segera ditangani dan dibangun baru.

’’Selain itu, volume lalu lintas di lima titik itu padat, sehingga memerlukan perbaikan segera,’’ jelasnya.

Rizal menjelaskan, lima jembatan yang dibangun tersebut hampir mirip. ’’Rata-rata lebar 6 meter dan panjang 250 meter, dengan anggaran Rp 8 miliar,’’ ujarnya.

Ia menyebutkan, saat proses pembangunan nanti, seluruh jembatan yang ada saat ini akan ditutup. Sungai di titik jembatan tersebut juga akan ditutup total. Artinya, bukan dengan dicor setengah-setengah.

Karena itu nanti akan ada pengalihan arus lalu lintas yang melintasi jembatan tersebut.

’’Sudah kita rapatkan dengan dishub dan polsek setempat. Tapi, dalam waktu dekat kita akan undang kembali untuk pemantapan rekayasa pengalihan arus lalu lintasnya,’’ katanya.

Ia juga memikirkan jembatan alternatif agar bisa mengurai kemacetan dan diperkirakan enam bulan akan selesai.