MPP Sidoarjo Diaktifkan Kembali, Gubernur Jatim Perintah Masyarakat Pergunakan Fasilitas Isoter

Gubernur Khofifah saat meninjau Mall Pelayanan Publik (MPP) Kab. Sidoarjo.

SIDOARJO – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat meninjau Mal Pelayanan Publik (MPP) di Sidoarjo menegaskan jika fasilitas isolasi terpusat hanya diperuntukkan bagi pasien Covid-19 yang bergejala ringan dan tanpa gejala. Sementara pasien dengan gejala sedang dan berat akan diarahkan ke fasilitas rumah sakit rujukam Covid-19.

“Fasilitas isolasi terpusat (Isoter) ini disiapkan Pemprov Jatim bersama Pemkab/Pemkot khusus bagi pasien tanpa gejala maupun bergejala ringan,” kata Khofifah saat Mall Pelayanan Publik (MPP) Kab. Sidoarjo, Minggu (6/2/2022).

MPP Kab. Sidoarjo memiliki kapasitas tempat tidur (TT) yang tersedia adalah 85 TT, dengan 10 nakes dan memiliki fasilitas untuk olah raga.

“Jadi kita harus melakukan langkah-langkah sinergitas antisipatif kolaboratif dengan seluruh stakeholder termasuk didalamnya adalah dengan Forkopimda Provinsi dan Kabupaten- Kota khususnya  para kepala daerah,” kata Khofifah.

Antisipasi ini harus dilakukan untuk bisa memberikan perlindungan dan pelayanan terbaik bagi seluruh masyarakat, bahwa Covid-19 ini belum selesai, varian apapun, itu adalah penyakit Covid-19,” imbuhnya.

Langkah kuratif Pemprov Jatim, lanjut Khofifah, diantaranya dengan membuka kembali layanan bagi pasien Covid-19. Sejumlah 164 rumah sakit di Jawa Timur kembali membuka layanan tersebut. Juga menyiagakan kembali para tenaga kesehatan (nakes) dan relawan.

“Saat ini 164 rumah sakit di Jatim  kembali membuka layanan pasien Covid-19. Isoter juga kembali di reaktivasi. saya mohon kita semua waspada tapi jangan panik, Insyaallah pemerintah bekerja keras untuk memberikan perlindungan bagi keselamatan  dan perlindungan kesehatan masyarakat,” tuturnya.