Kadinkes Sidoarjo Tekankan Tak Ada Tebang Pilih Pasien Pada Layanan Kesehatan

  • Bagikan

SIDOARJO – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, dr Syaf Satriawarman tegaskan tidak ada tebang pilih pasien dalam layanan kesehatan gratis bagi masyarakat Sidoarjo.

Ia menanggapi laporan dari Anggota Komisi D DPRD Sidoarjo terkait banyaknya keluhan masyarakat yang tidak mendapat layanan kesehatan gratis dalam hal pengobatan.

“Saya sampaikan bahwa masyarakat tetap bisa berobat di puskesmas terdekat dengan hanya tunjukkan KTP,” Ujarnya saat dikonfirmasi melalui telepon. Kamis (6/1/2022).

Seperti diketahui sebelumnya, dampak dari informasi di masyarakat tentang diberhentikannya progran UHC menjadi satu masalah baru yakni kekhawatiran di tengah masyarakat terkait pelayanan kesehatan gratis.

Kadinkes Sidoarjo menjelaskan jika hingga hari ini ia masih dapat memastikan bahwa masyarakat tetap bisa mendapat pelayanan gratis hanya dengan bermodalkan KTP.

“Jadi pelayanan di Puskesmas tetap gratis asal sesuai dengan pelayanan yang ada di tahap puskesmas, tetapi apabila membutuhkan perawatan lanjutan terkait kendala pasien yang parah maka perlu berobat lanjutan dan kita rujuk ke RS Swasta atau RSUD,” paparnya.

Menurutnya Dinkes bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam waktu dekat akan melakukan MOU atau menawarkan perjanjian kepada empat Rumah Sakit swasta yang ada di Sidoarjo. Dari program tersebut ia berharap dalam permasalahan terkait layanan kesehatan minimal dapat teratasi.

“Untuk layanan kesehatan gratis, selain kita menunggu Perbup, yang kedua kita akan tawarkan kerjasama dengan empat Rumah Sakit, yakni RS Mitra Keluarga Waru, RS Anwar Medika, RS Siti Khodijah, dan RS Siti Hajar,” tutupnya.

  • Bagikan