Ini Yang Perlu Kamu Siapkan Untuk Menyambut Puasa Ramadhan 2022

NASIONAL – Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat dinantikan oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia. Khususnya yaitu momen puasa ramadhan yang mana bulan suci ini dikenal sebagai bulan yang penuh ampunan. Merupakan waktu yang istimewa bagi umat muslim untuk melakukan amal dan ibadah dengan menahan hawa nafsu dan berbuat baik kepada sesama.

Dikutip dari detik.com puasa ramadhan 2022 menurut website resmi Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah diperkirakan dimulai pada hari Sabtu tanggal 2 April 2022. Umat muslim diwajibkan menjalankan puasa selama 30 hari yang dilakukan selama kurang lebih 13 jam setiap harinya. Memasuki beberapa minggu sebelum bulan puasa, kebanyakan umat muslim mulai mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan selama puasa ramadhan. Agar puasa ramadhan dapat berjalan secara optimal, yuk mulai mempersiapkan sejak awal apa saja yang akan kamu butuhkan untuk menyambut puasa 2022.

Menjalani puasa ramadhan selama 30 hari dibutuhkan persiapan yang baik dari mental maupun fisik. Secara mental kita harus mulai mempersiapkan diri dengan hati yang tulus dan ikhlas untuk mendekatkan diri dengan yang mahakuasa. Disamping itu, agar tubuh sehat selama menjalankan puasa kita juga harus mempersiapkan kebutuhan serta asupan yang bernutrisi bagi tubuh. Berikut ini merupakan hal-hal yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan puasa ramadhan 2022:

1. Memperbanyak ibadah
Menjelang ibadah puasa ada baiknya bagi kita untuk lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta. Hal ini dilakukan untuk memohon ampunan dan kelancaranan selama menjalankan ibadah puasa. Memperbanyak ibadah tidak hanya dengan menjalankan ibadah sholat 5 waktu. Ibadah juga dapat dilakukan dengan memberikan santunan kepada anak yatim yang membutuhkan, melakukan jumat berkah dengan memberikan makan di Masjid, dan ketika puasa dapat membagikan makan sahur atau buka puasa bagi mereka yang membutuhkan.

2. Membayar hutang puasa tahun lalu
Umat muslim tidak diwajibkan menjalani ibadah puasa apabila sedang sakit, menstruasi, ataupun sedang melakukan perjalanan jauh. Namun, mereka diwajibkan untuk mengganti jumlah puasa sesuai hari yang sebelumnya tidak mereka jalankan di bulan lain. Mengganti waktu puasa yang tidak dijalankan di tahun sebelumnya adalah hal yang penting dilakukan, karena sebagai umat muslim kita harus menjalankan apa yang menjadi tanggung jawab dan kewajiban kita.

3. Mulai bangun lebih awal
Selama bulan puasa umat muslim melakukan sahur sebelum menjalani puasa. Waktu sahur biasanya dimulai sekitar pukul 3 pagi atau menjelang subuh. Bangun pagi adalah salah satu hal yang cukup sulit dilakukan oleh kebanyakan orang, sehingga banyak diantaranya yang kerap kali melewatkan waktu sahur karena telat bangun pagi. Maka dari itu, sangat penting untuk mulai membiasakan diri bangun lebih awal agar tubuh terbiasa untuk bangun pagi sehingga nantinya tidak terlambat untuk melakukan sahur.

4. Mulai mencoba menahan diri
Bulan puasa adalah bulan yang suci yang dikenal sebagai bulan penuh ampunan. Di bulan yang penuh berkah ini alangkah lebih baik untuk kita berbuat baik terhadap sesama walaupun banyak godaan yang mungkin menghampiri. Godaan tersebut bisa berbentuk rasa marah, iri, keinginan untuk membicarakan keburukan orang lain. Maka dari itu mulailah menahan diri untuk melakukan hal-hal yang tidak baik dan membiasakan diri untuk lebih bersabar dan mengendalikan diri.

5. Melakukan olahraga
Melakukan olahraga rutin menjelang puasa diperlukan untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Berolahraga rutin selama 30 menit per hari dapat membantu menyeimbangkan kondisi tubuh agar terhindar dari penyakit. Olahraga adalah salah satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga sangat penting dilakukan sebelum memasuki bulan suci ramadhan untuk memperkuat imunitas tubuh. Adapun olahraga yang dapat kamu lakukan yaitu bersepeda, yoga, berenang, jogging, dan jalan santai.

6. Mempersiapkan hampers lebaran
Menjelang lebaran biasanya kita akan berbagi kebahagiaan dengan mengirimkan hampers atau parcel lebaran kepada orang-orang terdekat. Hal ini dilakukan untuk menjaga dan mempererat tali silaturahmi sehingga banyak diantaranya yang mulai mempersiapkan hampers lebaran dari jauh-jauh hari. Hampers lebaran memiliki isi dan bentuk yang beraneka ragam mulai dari hampers makanan dan minuman, peralatan ibadah, gelas dan piring, hingga paket perawatan tubuh untuk menunjang penampilan di hari raya.

7. Mempersiapkan kebutuhan selama bulan puasa
Setiap orang memiliki kesibukan yang berbeda-beda, maka dari itu sangat penting mempersiapkan kebutuhan selama bulan puasa mengingat saat ini banyak terjadi kelangkaan dan kenaikan harga. Hal yang perlu dipersiapkan seperti bahan-bahan pokok, bumbu dapur, lauk pauk, serta sayur dan buah-buahan. Barang-barang tersebut perlu dipersiapkan sejak dini agar kamu tidak kesulitan ketika membutuhkannya. Agar kamu tidak kesulitan menentukan barang yang dibutuhkan buatlah daftar barang yang kamu perlukan sebelum berbelanja.

8. Membuat rencana menu sahur dan buka puasa yang bernutrisi
Selama bulan puasa kita sering mengalami kesulitan untuk menentukan menu sahur dan buka puasa. Banyak diantaranya yang memilih makanan instan sebagai menu berbuka puasa dan sahur, yang mana hal ini kurang baik bagi tubuh apabila dikonsumsi setiap hari. Maka dari itu, agar kamu mendapatkan nutrisi yang baik untuk sahur dan berbuka puasa ada baiknya untuk mulai membuat rencana menu yang akan di masakan selama bulan puasa. Agar nutrisi tetap terjaga selama puasa kamu dapat membuat menu 4 sehat 5 sempurna pada setiap harinya.