Ini Dia Tips Mengenalkan Anak Terhadap Keragaman Budaya Sejak Dini

  • Bagikan

Oleh : Agmi Restyadiana

NASIONAL – Dalam proses masa pertumbuhan anak, tentunya orang tua perlu memantau bagaimana anak dapat berkembang sedari dini dalam membaur di lingkungannya. Pengenalan segala bentuk nama, bahasa, dan benda menjadi tugas seorang orang tua untuk mendampingi buah hati tumbuh besar di lingkungan yang baik.

Keragaman suku dan budaya yang ada di Indonesia tentunya perlu anak ketahui. Dengan mengenalkan mereka kepada bahasa suku, rumah adat suku lain, dan lagu masing-masing daerah yang ada di Indonesia juga diperlukan dalam mendampingi proses belajar anak mengenal keberagaman.

Ini adalah rangkuman yang dapat dilakukan oleh orang tua kepada anaknya untuk mengenal serta mengetahui bagaimana adat-istiadat serta budaya yang ada di Indonesia begitu beragama, berikut tipsnya:

1. Mengajarkan Anak Berbagai Bahasa

Mengajarkan anak berbahasa selain bahasa ibu dapat membuat kecerdasan anak meningkat terutama dalam melatih kecerdasan lingustiknya. Mengenalkan kepada anak bahasa daerah hingga bahasa asing dapat dilakukan dengan metode yang cukup sederhana. Buatlah anak meresa nyaman dalam melakukan pembelajaran bahasa dari suku maupun bahasa asing.

2. Mengenalkan Anak Berbagai Makanan Daerah

Para orang tua dapat menggunakan pendeketan dengan mengenalkan makanan daerah. Misal, anak dikenalkan dengan satu atau dua makanan khas daerah tersebut saat makan bersama. Dengan mengenalkan budaya yang ada dengan pendekatan makanan, anak selain belajar mengetahui ia juga bisa mencicipi secara langsung bagaimana makanan dari daerah tertentu itu.

3. Mengunjungi Tempat Wisata Dari Suku dan Budaya Yang Berbeda

Saat masa-masa liburan, orang tua dapat mengajak anak mengenal berbagai suku dan budaya dengan mengajaknya mengunjungi tempat wisata dari suku tertentu, semisal anak diajak untuk berlibur ke Candi Borobudur, sembari berwisata orang tua juga dapat mengenalkan kepada anak bagaimana sejarah candi tersebut dibuat. Metode pendeketan pemahaman ini tersmasuk yang paling diminati oleh anak, selain diajak berlibur. Anak-anak juga akan senang apabila diajak untuk mengenal langsung budaya dari daerah lain.

4. Berikan Contoh Kepada Anak Untuk Saling Menghormati

Dalam mengajarkan keberagaman kepada anak, tentunya orang tua juga wajib mencontohkan apa yang disebut dengan toleransi. Hal ini menjadi penting, karena model pembelajaran terdekat anak adalah orang tua. Para orang tua dapat mengajak anak bergaul kepada orang-orang yang berbeda suku, budaya dan bahasa dan orang tua dapat menunjukkan sikap mereka kepada sang buah hati, agar anak lebih paham arti toleransi dan paham keberagaman dalam berbudaya.

  • Bagikan