Gus Muhdlor Bantu Biaya Perbaikan Rumah Korban Angin Kencang di Tanggulangin

SIDOARJO – Puluhan rumah warga Desa Kalidawir Kecamatan Tanggulangin mengalami kerusakan akibat tersapu angin puting beliung pada hari Selasa petang, (25/1). Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor memastikan Pemkab akan turun mendata dan membantu perbaikan rumah warga sampai selesai.

Selain bantuan perbaikan rumah, warga juga menerima bantuan sembako berupa Minyak Goreng 1 liter, beras 5 kg, gula 1 kg dan mie instan. Dinas Sosial Sidoarjo telah menyiapkan 100 paket sembako yang dibagikan langsung oleh Bupati Muhdlor kepada keluarga korban.

“Kedatangan kita hari mengecek pasca kejadian kemarin ada angin kencang yang menyapu rumah warga. Sejak kemarin malam BPBD, Dinas Sosial, Camat bersama perangkat desa saya minta langsung turun mengecek dan membantu mengevakuasi warga,” terang Muhdlor usai melihat kondisi rumah Triyatno salah seorang warga. Rabu, (26/1/2022).

“Tadi ada 3 rumah yang kita lihat, dua rumah rusaknya cukup parah dan satu rusak ringan. Kehadiran pemerintah ini bentuk kepedulian kepada warga yang mengalami musibah, kita bersama Wakil Ketua Komisi D DPRD Sidoarjo sejak kemarin malam terus memantau,” tutur Muhdlor.

Bupati Muhdlor memastikan seluruh rumah yang terkena dampak angin puting beliung akan dibantu pemkab Sidoarjo untuk biaya perbaikannya.

“Memastikan bahwa yang terkena bencana ini merasakan kehadiran pemerintah disini. Memberikan dukungan dan bantuan baik berupa sembako maupun memperbaiki kembali rumah-rumah warga yang rusak,” ujarnya.

Muhdlor menambahkan sejak kemarin malam Ia terus memantau perkembangan yang terjadi dilokasi, karena yang Ia dikhawatirkan bola ada jatuh korban.

“Kita langsung bergerak cepat dan tidak sampai 10 menit pasca kejadian sudah bisa tertangani. Kita bersyukur tidak sampai jatuh korban. Kita update terus perkembangannya sampai tengah malam,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala BPBD Sidoarjo Dwijo Prawito usai mendampingi Bupati meninjau rumah warga menyampiakan, saat ini pihaknya melakukan pendataan rumah yang terkena puting beliung. Sementara ini ada sekitar 15 an rumah.

“Rumah yang rusak cukup berat ada 2, dan yang rusak sedang ada 1, sedangkan rumah lainnya rusak ringan. Perintah Pak Bupati semua rumah itu akan dibantu biaya perbaikan sampai selesai,” kata Dwijo usai menampingi kunjungan Bupati Muhdlor.

“Usai kejadian kemarin malam BPBD langsung turun ke lokasi membantu warga,” imbuhnya.