Gandeng UMKM Sidoarjo, Abdimas Umsida Beri Bekal Tata Kelola Manajamen Keuangan

SIDOARJO – Aktif menggandeng Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Sidoarjo, program Pengabdian Masyarakat (Abdimas) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo beri bekal tata kelola manajemen keuangan.

Kegiatan yang dimulai sejak bulan Januari tahun 2022 ini, bekerjasama dengan para UMKM di Desa Kenongo, Kecamatan Tulangan, Sidoarjo.

Santi Rahma Dewi, Dosen Akuntansi yang juga masuk dalam tim inti abdimas ini menjelaskan jika kegiatan semacam ini adalah bentuk pengabdian bidang pendidikan dalam mendampingi UMKM lokal.

Menurutnya, pendampingan UMKM dirasa sangat perlu dikarenakan masih banyaknya pelaku UMKM yang belum bisa mengelola manajemen keuangan dengan baik.

“Tujuan kita sebenarnya sederhana, yakni kita ingin mendampingi serta memberi bekal untuk UMKM yang belum bisa melakukan tata kelola keuangan serta manajemen pembukuan sederhana,” ujar Santi saat dikonfirmasi pada Senin (21/3/2022).

Lebih lanjut, ia memaparkan bahwa pendampingan tersebut bersifat positif dan sangat membantu UMKM sebagai acuan serta data pegangan jika dikemudian hari membutuhkan dana tambahan untuk usahanya.

“Dimana fungsinya adalah agar apabila umkm membutuhkan dana, maka pembukuan tersebut bisa digunakan sebagai acuan bagi pihak ketiga atau pemberi dana untuk umkm tersebut,” terangnya.

Selain itu, pihaknya kedepan juga akan melakukan pendampingan dan memberikan panduan bagi UMKM agar bisa mendapatkan pinjaman dana dari pihak ketiga melalui sarana digital.