Bye Bye Alexa.com! Situs Ranking Internet Resmi Ditutup Amazon

Coverindonesia – Situs ranking internet Alexa.com resmi ditutup mulai hari ini, Minggu (1/5/2022). Pengumuman itu sudah disampaikan Amazon selaku perusahaan induk, sejak Desember tahun lalu.

“Setelah dua dekade membantu Anda menemukan, menjangkau, dan mengkonversi audiens digital, kami telah membuat keputusan sulit untuk menghentikan Alexa.com per 1 Mei 2022,” kata Amazon dalam situs resmi Alexa.com, dikutip Minggu (1/5/2022).

Alexa.com adalah salah satu situs terpopuler di dunia untuk penelitian konten digital yang dibentuk pada 1 April 1996. Situs ranking internet ini didirikan oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat.

Kemudian pada 1999, Alexa.com diakuisisi Amazon dengan harga sekitar 250 juta dolar AS atau sekitar Rp 3,6 triliun.

Melansir Guardian, Alexa.com menyediakan informasi seperti peringkat (ranking) situs web, konten, hingga penelitian kata kunci.

Situs ini menawarkan global ranking, data trafik web, dan informasi penting lainnya di lebih dari 30 juta situs web.

Sayang tidak diketahui alasan kenapa Alexa.com ditutup Amazon. Perusahaan hanya mengungkap kalau situs itu dimatikan mulai 1 Mei 2022 atau hari ini.

Tapi menurut laman Bleeping Computer, alasan Alexa.com dimatikan kemungkinan adanya penurunan popularitas. Melansir data Semrush, trafik organik Alexa.com terus mengalami penurunan yang signifikan.

Kendati demikian, Amazon menyatakan kalau Top Sites dan Web Information Service API Alexa.com akan tetap aktif hingga 15 Desember 2022.