Bantu UMKM Lokal, Pemuda Makassar Luncurkan Aplikasi TemanKasir

MAKASSAR – Inovasi pemuda Makassar bernama Ikhsan ini patut diacungi jempol. Dirinya meluncurkan aplikasi TemanKasir yang dapat diakses secara gratis di Playstore. Tujuannya, memudahkan UMKM lokal dalam mengelola bisnisnya.

Founder TemanKasir Ikhsan menyebut banyaknya pelaku bisnis kecil-kecilan di Kota Makassar khususnya FnB masih awam mengenai pembukuan usaha. Sehingga membuat sebagian dari mereka terpaksa harus gulung tikar sebelum sempat meraih banyak keuntungan.

Beberapa dari para pelaku UMKM sudah mencoba menggunakan aplikasi kasir seperti ini. Hanya saja beberapa aplikasi point of sale (POS) memiliki biaya langganan yang belum terjangkau UMKM kecil dan fiturnya yang sedikit membingungkan. Tentu akan membuat biaya operasional bertambah.

Kondisi itu menginspirasi Ikhsan. Dirinya pun terinspirasi untuk membuat aplikasi TemanKasir. Ikhsan sendiri sebagai Chief Product Officer dan Ian rekannya sebagai Chief Technology Officer, merekapun menginisiasi pengembangan aplikasi POS sesuai dengan kebutuhan UMKM dan tentunya dengan biaya langganan yang terjangkau bahkan bisa diakses gratis.

TemanKasir merupakan Aplikasi Kasir yang biasa di sebut dengan aplikasi POS hadir membantu teman-teman UMKM dalam mengelola usaha dengan memberikan kemudahan bertransaksi, monitoring persediaan produk, bahan baku hingga laporan keuangannya.

Aplikasi ini dapat diunduh tanpa berbayar dan dapat dinikmati fiturnya secara gratis. Adapun beberapa fitur lainnya yang secara khusus disediakan, ditawarkan dengan harga terjangkau untuk memudahkan pelaku UMKM dalam mengelola keuangan bisnisnya.

Ikhsan mengatakan dirinya memiliki usaha warung kopi dan dirinya pun telah menggunakan beberapa aplikasi kasir. Namun sayangnya banyak fitur yang membingungkan dan dibandrol dengan harga berlangganan yang cukup mahal untuk bisnis kecil. “Jadi saya berinisiatif bersama teman-teman untuk membuat aplikasi sendiri sesuai kebutuhan,” pungkasnya. (*)